Senin, 28 November 2016

Pentas Seni VETRICIA

Nama angkatan kami adalah Vetricia . Pensi ini dibuat oleh kami, dari kami, dan didedikasikan untuk kami. Sebuah proyek angkatan turun temurun di Labschool. Untuk angkatan 24 ini, dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2016. Pensi ini dihadiri murid dari tiga angkatan serta tamu undangan dari dua Labschool lainnya dan juga sekolah-sekolah yang telah menjalin hubungan dengan SMP Labschool Jakarta.

Keadaan panggung di pagi itu sudah tertata rapih dan hanya memerlukan sedikit pembenahan. Saat masuk melewati lobby, akan terlihat dua meja penerima tamu dan sebuah pintu yang telah dibuka dan dihias layaknya pintu teater dan tertata papan broadway bertuliskan “VETRICIA”. Saat melanjutkan perjalanan lebih kedalam, ada sebuah papan berisikan poster dari film – film klasik Hollywood yang ternama. Dan diseberangnya terdapat pajangan – pajangan menyerupai gedung yang lumayan tinggi, dilengkapi dengan taksi khas berwarna kuning serta Hollywood star yang tertempel di sepanjang jalan menuju lapangan tempat panggung utama berada. Bintang itu bertuliskan nama-nama kelas beserta tanda tangan dari para wali kelasnnya masing – masing.

Dihari itu, para panitia hadir pagi agar dapat memastikan bahwa semuanya telah siap dan rapi. Acara kami mulai pukul, 07.30 dan dibuka oleh penampilan dari Calung. Setelah itu, dihadirkan pula kepala sekolah SMP Labschool Jakarta untuk secara resmi membuka dan memulai Pentas Seni Vetricia. Penampilan dimulai dari penampilan undangan oleh TK Labschool dan dilanjutkan dengan persembahan dari para panitia, yaitu flashmob yang disesuaikan dengan tema pensi Vetricia yaitu, broadway. Dan dilanjutkan kembali dengan penampilan dari Zelofus 24, yang menarikan tarian tradisi. Setelah berselang beberapa penampilan, ada istirahat untuk menunaikan ibadah sholat. Setelah sholat, dipersilahkan makan dan membeli beberapa jajanan yang telah disediakan, dan acara pun kembali dimulai dan diisi oleh penampilan dari tamu undangan 2 Labschool lainnya. Setelah itu mulailah penampilan tarian modern dari Zelofus 25, 24, dan 23. Tentunya semunya keren. Setelah itu ada performance dari SMA Labschool Jakarta yang merupakan team dance. Yaitu Diva Dance.

Semakin sore acara semakin seru dan semakin ramai, ditambah pula penonton dari kakak kelas 9 yang baru keluar pemantapan. Seperti tahun – tahun sebelumnya, pada bagian penampilan band yang memainkan lagu yang membangkitkan semangat, kami membuat lingkaran besar bersama kakak kelas dan berlari bertabrakan dan tertawa ria.

Ada teman kami dari labsky yang diundang untuk memberi penampilan. Dia melakukan atraksi dj dan tentunya itu sangat seru dan kami berlompat – lompat, menari – nari ria. Dia membawakan sekitar 4 lagu dan setelah dia selesai tampil, acara dilanjutkan seperti biasa.

Acara berlangsung lancar hingga pukul 5 sore. Pukul 5 sore acara ditutup dengan penampilan dari band Far Eastern yang beranggotakan kakak – kakak kelas sembilan yang sangat berbakat. Penampilan mereka merupakan penutup yang manis bagi pensi kali ini.

Setelah acara selesai kami satu angkatan berfoto bersama menandakan sukses dan solidnya angkatan kami ini. Setelah foto angkatan kami berfoto ria bersama sahabat, dan teman. Kami benar – benar pulang pukul 6 lewat. Ada beberapa dari kami melanjutkan untuk jalan bersama dengan teman – temannya. Ada juga yang memilih untuk beristirahat melepas kelelahan beberapa bulan ini menyiapkan persiapan pensi. Itu dia cerita dari saya, semoga dapat mengisi kekosongan waktu kalian.

Senin, 24 Oktober 2016

Pengalaman Industri Visit dan Tafakur Alam(INVITA) 2016

Begitu banyak kisah menarik yang terjadi saat Invita 2016. Invita yang kepanjangan dari Industri Visit dan Tafakur Alam yang tujuannya adalah menambah wawasan di kota Solo dan Jogja. Kegiatan ini salah satu perjalanan yang menyenangkan bagi siswa angkatan 24. Invita berlangsung selama 5 hari. 2 hari di perjalanan dan 3 hari di Solo dan Jogjakarta.
            Hari pertama adalah hari rabu tanggal 19 Oktober 2016 dari gambir yang terjadi di malam hari menggunakan kereta Argo Lawu pada walnya kita bertujuan untuk ke stasiun Solo Balapan terlebih dahulu tetapi terjadi perubahan jadwal jadi kita menuju ke stasiun Tugu. Di kereta ini saya duduk di gerbong 4 kursi 8B sebangku dengan Rayhan Satria tetapi saya pindah, saya duduk dengan Hugo. Di awal perjalanan hampir semua anak cowo tidak bisa tidur karna terlalu bersemangat untuk menjalani hari yang ‘akan’ indah. Saat itu kelas sebagian 8C dan 8D di gerbong 4. Mereka sungguh semangat menjalani harinya. Perjalanan berlangsung 8 jam dan saya hanya tidur 1 jam dan tidak terasa kita sampai di stasiun Tugu Jogja pada pukul 4. Dan kita langsung menuju bus masing – masing, kita tidak langsung ke hotel melainkan transit untuk mandi dan lain-lain di rest area serta sarapan di restaurant di dekat situ.
Hari Kamis 20 Oktober 2016. Sesudahnya sarapan kita melanjutkan perjalanan ke Sabila Farm di Jogja. Saat itu Jogja sudah mulai panas, banyak dari kita mulai bosandan kepanasan  karena perjalanan yang itu-itu saja bahkan ada yang ingin menetap di bis karena terlalu malas untuk mengikuti kegiatan yang membosankan di Sabila Farm. Disana kita hanya dijelaskan macam-macam buah naga dan kita langsung mengunjungi kebun buah naga. Dan dikebunnya kita sangat kepanasan sehingga kita mulai tidak mendengarkan apa yang dijelaskan apa kata. Memang sangat panas. Dan setelah itu kita melanjutkan perjalanan ke PT Sritex di Solo yang isinya tempat pembuat baju serta seragam perang yang di pakai di banyak Negara. Dan sesampainya disana kita di jelaskan sejarah terbuatnya PT SRITEX serta koleksinya. Dan sesudah dijelaskan kita foto perkelas dan melihat-lihat baju yang di buat oleh PT SRITEX. Dan setelah dari SRITEX kita menuju Jogja T-Shirt. Disana sebagian orang membeli baju. Di saat beli baju itu kita sekalian transit untuk berisitirahat sementara. Lalu kita pulang ke Hotel Cavinton. Hotel yang berbintang 4 ini mempunyai fasilitas yang cukup bagus untuk hotel selevelnya. Kamarnya lumayan luas ada 2 tempat tidur, satu TV, dan kamarmandinya cukup luas. Tetapi dikamarku kamar mandinya tidak bisa dikunci. Dikamar kami ber-5 karena Hugo pindah dari kamar sebelah . Dan saat malam Tante dan Neneknya Diyan datang membawakan Pizza Double Box dan Martabak dua box. Lalu kami tidur pada pukul setengah 12.
Keesokanya, Jumat 21 Oktober 2016. Aku langsung bangun dan mandi, cuci muka, ganti baju    siap-siap untuk sarapan. Kamarku paling telas masuk ke bis sehingga yang lainya menunggu kami. Kami Langsung menuju ke Keraton tetapi bis tidak bisa masuk jadi kita naik mobil kecil untuk menuju ke Keraton. Setelah dari keraton kami pergi ke Desa Batik Giriloyo kita kesana menggunakan Kereta Kelinci karena bis tidak bisa msuk. Lalu, kita diajarkan cara membatik sekaligus kita membuat batik sendiri. Setelah dari sana, Kita Ke Pantai Parakritis kita diberi waku 1 Jam 30 Menit. Kita ganti baju terlebih dahulu karena Baju Kelas kita berwarna hijau. Menurut cerita disana dilarang memakai baju hijau karena ada “sesuatu”. Saya menemani Hugo untuk Sea Wash yaitu membasahkan Jeans-nya ke air laut dan melumurinya dengan pasir pantai. Lalu tempat terakhir di hari Jumat adalah Malioboro sampai jam setengah 10 malam. Dan Kembali ke hotel saat sampai di depan hotel terjadi kecelakaan sehingga kaca bis kita pecah dan harus ganti bis.
Hari ini 22 Oktober2016 adalah hari terakhir di Jogja. Pertama kita menuju ke Merapi untuk Lava Tour kita naik Jeep untuk ke merapi. Di merapi banyak destinasi wisata contohnya Museum Rumah Penduduk yang berisi barang-barang bekas erupsi gunung merapi, Bunker Merapi, Batu Alien dan lain-lain. Di Merapi sangat mengasyikan dan melelahkan tetapi seru. Setelah dari Merapi kita menuju ke Candi Borobudur kita dipandu oleh guide disana dan destinasi terakhir adalah Pusat Oleh-Oleh Bakpia Djava. Lalu kita menuju Stasiun dan sampai di sana pukul 6 sore padahal kereta kita tiba Pukul 8 malam kita menunggu 2 jam dan akirnya kereta tiba. Kereta yang kita tumpangi berbeda dengan kereta yang kita naiki saat perjalanan awal kereta yang kita naiki sekarang adalah Tasaka Malam sebenarnya lebih bagus kereta yang pertama tetapi tidak apa-apa.
          Akhirnya kita tiba di Jakarta pukul 4 pagi dan dijemput oleh orang tua masing-masing ke rumah.

Senin, 17 Oktober 2016

Pengalaman PTS 2016

Pengalaman Penilaian Tengah Semester 2016
Saya Rifqi Putra Ananda dari kelas 8D. Di blog kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS). PTS dulu sering siebut UTS, PTS adalah kegiatan dimana para murid mengerjakan soal ulangan yang diberkan oleh guru, PTS sebenarnya sama seperti Ulangan Harian biasa tetapi dikondisikan lebih “mengerikan”. Kita menjawab soal di Lembar Jawaban Komputer ( LJK ) dengan cara menghitamkan lingkaan dengan pensil 2B. Setiap anak di beri nomor urut masing – masing no urut saya 52 – 225 – 139. Dan , Setiap kelas dipisah menjadi dua ruangan dan ruanganya ditentukan oleh sekolah misalnya kelas 8D duduk dengan kelas 7D tetapi ruanganya di kelas 8E dan 8F.
PTS dilaksanakan selama 5 hari dari hari Senin 3 Okt 2016 – Jum’at 7 Okt 2016. Pada hari pertama mata pelajaranya adalah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama , pagi hari diawali dengan arahan yang diberi oleh Pak Gilang serta doa bersama di hall masjid, doa dipimpin oleh Kak Budiman. Lalu pada pukul 7.30 kita menuju keruangan masing-masing untuk melaksanakan ulangan Bahasa Indonesia, kita diberi waktu 120 Menit sampai pukul 9.30 tetapi pada jam 9.15 ada bel pertama yang memperbolehkan kita keluar ruangan lebih dulu bagi yang sudah selesai, bagi yang belum selesai diperbolehkan sampai jam 9.30. Kita diberi waktu istirahat selama 30 menit. Masuk kembali pada pukul 10.00 untuk melaksanakan ulangan Agama. Saya sendiri beragama Islam jadi saya mengerjakan soal Pendidikan Agama Islam selama 90 menit sampai pukul 11.30 lalu kami diperbolehkan pulang kerumah.
 Keesokan harinya, pelajaran Matematika dan Prakarya. Saya tidak memiliki kesulitan di pelajaran Matematika, karena kalau sudah hafal rumus semua akan lancar. Prakarya lumayan banyak hafalannya, namun lebih mudah karena soalnya pilihan ganda. Hari ke – 3 ,  Rabu, terdiri dari Bahasa Inggris dan PPKn. Bahasa Inggris cukup mudah bagi saya, karena saya sering menonton video di YouTube. Kalau PPKn, agak gampang-gampang susah kalau sudah belajar sebagian. Besoknya, hari ke – 4 , Kamis, mata pelajarannya IPA dan Seni Budaya ( Sen Bud ). IPA saya memiliki kesulitan di fisika, namun saya tidak terlalu yakin nilai saya bagus. Seni Budaya lumayan susah, tetapi pilihan ganda dapat memudahkan pilihan jawaban saya. Terakhir, Hari itu hari kelima saya melaksanakan PTS. Pada hari itu saya belum terlalu siap menghadapi pelajaran IPS dan Penjasorkes. Sebelum mengerjakan soal saya  mendengarkan Tips And Trick dari kakak kelas untuk mengerjakan soal IPS, berdoa dan menyebutkan 10 Labschool character . Jam pertama yaitu IPS, IPS ada 50 soal dan dikerjakan di kertas LJK selama 90 menit. Jam kedua itu pelajaran Penjasorkes, soal pelajaran Penjasorkes ada 50 dikerjakan selama 90 menit dan saya pulang dengan bahagia karena PTS telah selesai
PTS ini lumayan berbeda dari tahun lalu, karena tahun ini boleh diberitahu nilainya sebelum pembagian raport bayangan. Dengan kebijakan ini siswa sangat senang karena rasa gelisahnya dapat hilang tanpa harus menunggu raport bayangan. Tapi, saya juga punya rasa takut kalau nilainya akan jelek. Tapi saya tidak akan putus asa untuk selalu berdoa dan mengharapkan yang terbaik.
Setelah raport dibagikan saya kurang puas karena masih ada nilai yang jelek atau dibawah KKM. Jadi , Saya ingin berusaha belajar lebih giat lagi agar saya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan orang tua dan diri saya sendiri. Saya mempersiapkan diri untuk Penilaian Akhir Semester ( PAS ) di bulan Desember.

Rabu, 09 Maret 2016

Pelantikan Pramuka

SMP Labschool Jakarta

Pramuka SMP Labschool Jakarta
             Pada hari Sabtu, 27 Februari 2016 aku bangun pukul 05.00 lalu aku sholat, mandi, makan, dan lain-lain. Lalu aku berangkat kesekolah naik mobil.
               Pada pukul 06.00 aku sampai disekolah lalu berkumpul dengan reguku , Regu Serigala. Lalu kita baris untuk persiapan apel pemberangkatan dan apel. Pada pukul 07.30 aku dan teman-teman bersama-sama naik ke tronton. Aku naik di tronton 3 yang berisi Regu Serigala , Regu Rajawali , dan Regu Scropion. Lalu kita berangkat ke Studio Alam TVRI tempat pelantikan pramuka. Di tronton Daffa dan Pandu menjadi liar karena kelaparan dan tidak membawa makanan. Lalu kita memberi makan Daffa dan Pandu agar mereka tenang. Karena mereka perjalanan menjadi terasa sangat cepat bahkan hampir tidak terasa.
      Akhirnya kita tiba di Studio Alam TVRI pada pukul 09.00. Saat tiba disana ada sapi,kuda,ayam,kambing dan lain-lain. Lalu kita berkumpul dan baris di dekat tempat menaruh tas. Setelah itu para ketua regu dipanggil lalu kita akan melakukan beberapa kegiatan lalu kita di suruh membawa botol minum, buku SKU, tongkat, memakai baret, tali, dan bendera semapur. Tetapi, aku lupa membawa bendera semapur jadi aku pinjam ke pandu walaupun hanya benderanya saja.
             Lalu reguku diajak ole Adit ketua regu serigala untuk menjawab beberapa pertanyaan. Lalu, kita di ajak Adit pergi ke pos 1. Disana kita di tes untuk Tri Satya dan Dasa Darma. Kebetulan, aku di tes Tri Satya padahal aku belum terlalu hafal, Tetapi aku di bantu oleh reguku untuk membacakan Tri Satya. Lalu kita di tes untuk mengucapkan Dasa Darma satu – persatu.
  Setelah itu kita menuju ke Pos 2 yaitu semapur. Disana Kita di suruh menebak kata apa yang di berikan oleh kakak pembina. Katanya adalah “LANJUTKANLAH”
  Lalu kita pergi ke Pos 3 untuk materi tali temali. Kita di suruh membuat tandu menggunakan tali dan dua buah tongat mengunakan tehnik simpul pangkal, simpul mati, dan simpul jangka. Akhirnya tandunya selesai.

Lalu Kita pergi ke Pos 4 yaitu menggotong teman dengan tandu , yang di gotong adalah Fazza . Ceritanya Fazza adalah korban kecelakaan yang terluka di dagunya. Lalu kita menggotong Fazza melewati beberapa rintangan. Akhirnya kita selesai melewati beberapa rintangan dan kembali ke base camp
Lalu kita kembali ke tempat persitirahatan untuk latihan baris – berbaris sebentar yang dipimpim oleh Pak Tris. Dan, ISHOMA yaitu Istirahat Sholat Makan. Saat Ishoma banyak tukang jajanan yang ada seperti Es Krim,Bakso,Minuman dll. Lalu aku sholat bersama Vero dan Yafa di musholla kita sholat Jamak Taqdim Qashar sholat Zuhur dan Ashar.

Lalu beres – beres merapikan barang bawaan. Lalu Kita persiapan untuk Pelantikan sekaligus Apel Pulang sebelum pelantikan di mulai kita melaksanakan simulasi pelantikan terlebih dahulu agar saat pelantikan tidak ada yang salah gerakan dan lain lain. Lalu pelantikan di mulai kita di beri nomor gudep yaitu 03.359 akhirnya pelantikan selesai pada pukul 16.00. Lalu kita bersiap-siap untuk kembali ke tronton 3 seperti tronton saat kita berangkat untuk kembali ke Jakarta. Akhirnya tronton kami tiba yang pertama di Jakarta pukul 17.00. Dan kita pulang kerumah masing – masing mengunakan mobil pribadi.